Cara Mudah Ke Taman Wisata Matahari

posted in: Informasi, Tips | 0

Taman Wisata Matahari lokasinya tidak jauh dari Jalan Raya Cisarua Puncak Bogor, mudah dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun bus atau pun angkutan umum.

Sebagai tempat sarana wisata alam di Bogor yang memiliki wahana permainan edukasi dan rekreasi yang menarik, Taman Wisata Matahari Bogor juga dikenal sebagai tempat wisata alam di Bogor yang sangat diminati oleh pengunjung wisatawan lokal maupun mancanegara.

Disamping memiliki kawasan wisata yang tergolong masih asri dan memiliki pesona wisata alam Bogor yang indah, Taman Wisata Matahari dikenal juga sebagai tempat yang menyediakan penginapan dengan nuansa pedesaan yang akan memanjakan liburan Anda bersama keluarga atau pun kerabat di kawasan Puncak Bogor.

Berikut merupakan cara mudah ke Taman Wisata Matahari yang dapat anda tempuh:
Cara Ke Taman Wisata Matahari Dari Arah Cawang Jakarta
Dari arah Cawang Jakarta menuju Taman Wisata Matahari Bogor kita dapat mengambil jalur melalui Jalan Mayjend. Sutoyo lalu ambil jalur akses tol Jagorawi keluar pintu tol Gadok Puncak. Setelah keluar kita ambil jalur yang ke Puncak  melalui Raya Cisarua dan kita akan menemukan lokasi Taman Wisata Matahari.

Cara Ke Taman Wisata Matahari Dari Arah Cempaka Putih
Dari arah Cempaka Putih Jakarta menuju Taman Wisata Matahari kita dapat mengambil jalur akses Jalan Ahmad Yani, lalu masuk jalur jalan tol Cempaka Putih (tol dalam kota) lalu menuju interchange Cawang, dan dilanjutkan masuk jalur akses jalan tol Jagorawi keluar di Gadok Puncak, perjalanan dilanjutkan menuju Puncak melalui Jalan Raya Cisarua menuju Taman Wisata Matahari.

Cara Ke Taman Wisata Matahari Dari Arah Grogol
Dari arah Grogol Jakarta menuju Taman Wisata Matahari kita dapat mengambil jalur akses Jalan S. Parman menuju gerbang tol dalam kota melalui akses jalan tol menuju interchange Cawang, lalu dilanjut masuk jalur akses jalan tol Jagorawi dan keluar di Gadok Puncak, dan perjalanan dilanjutkan menuju jalur Puncak dengan melalui Jala Raya Cisarua yang akan mengantarkan kia menuju Taman Wisata Matahari.

Cara Ke Taman Wisata Matahari Dari Bandung
Dari arah Bandung menuju Taman Wisata Matahari kita dapat menggunakan (Gerbang tol Pastuer menuju tol Purbaleunyi (Cipularang)  keluar di Padalarang, perjalanan dilanjutkan menuju Cipatat, Rajamandala, Ciranjang, Cianjur, Cugenang, Cipanas, Puncak, Cisarua dan terakhir Taman Wisata Matahari.

Cara Ke Taman Wisata Matahari naik Transportasi umum ke Puncak
Bagi kita yang ingin naik kendaraan umum menuju ke Taman Wisata Matahari kita akan menemukan 2 jenih pilihan transportasi yaitu kereta dan bus. bila kita menggunakan kereta api, kita bisa turun di stasiun Bogor, dan perjalanan dilanjutkan naik angkot dengan nomor  03 menuju terminal Baranang Siang. Dari terminal Baranangsiang Bogor bisa dilanjut dengan menggunakan kendaraan umum menuju Puncak dengan menggunakan kendaraan L300. Tarif yang ditawarkan berkisaran Rp. 15.000 – Rp. 20.000 per orang. Kita bisa minta diturunkan di depan Taman Wisata Matahari setelah sampai di kawasan Cisarua Bogor.

Cara Ke Taman Wisata Matahari Naik Motor
Cara ke Taman Wisata Matahari bila menggunakan sepeda motor dari Jakarta, bisa melalui jalur akses Jalan Raya Bogor dari Keramat Jati Jakarta. Kita tinggal ikuti rute jalan tersebut lewat Cibinong, Kedung Halang, Bogor, Tajur, dan masuk jalaur jalan Raya Cisarua, setelah itu kita akan menemukan tempat wsata Taman Wisata Matahari yang bisa dilihat dari pinggir jalan raya.

Cara mudah Ke Taman Wisata Matahari agar tidak terjebak kemacetan
Agar tidak terjebak macet ada baiknya kita perhatikan sistem buka tutup yang diberlakukan pada jalur akses menuju dan dari Puncak pada setiap akhir pekan dan musim liburan panjang. Penting bagi para calon pengunjung atau pun wisatawan yang akan mengunjungi Taman Wisata Matahari mengetahui jadwal buka-tutup jalur Puncak, hal ini agar terhindar dari kemacetan panjang selama berjam-jam untuk mendapat giliran pembagian waktu jalan.

Dari pengamatan team petugas keamanan Taman Wisata Matahari, biasanya sistem buka-tutup jalur akses puncak pada hari Sabtu dan Minggu pada pagi dan sore hari. Pada hari Sabtu terjadi 09.00-10.30. hanya kedaraan yang menuju Puncak yang boleh lewat. Sedangkan kendaraan dari arah Puncak menuju Jakarta harus mencari jalur alternatif atau menunggu hingga jalur dibuka kembali pada pukul 10.31. Sebaiknya, kami menyarankan, agar anda mudah kembali pulang pada sore hari dari kawasan Taman Wisata Matahari, sebaiknya bisa menggunakan waktu pukul 15.00-17.00, karena waktu tersebut hanya diperbolehkan dilewati oleh kendaraan dari arah Puncak yang turun menuju ke bawah.

Sedangkan untuk waktu hari Minggu, sistem buka-tutup satu arah ke arah Puncak diberlakukan pada pukul 09.00-10.30  Sementara itu, sistem satu arah dari arah Puncak ke Jakarta berlaku pada pukul 15.00-18.00. Dari luar jam-jam tersebut, jalur boleh dilalui oleh kendaraan dari dan menuju Puncak. Jika terjebak sistem buka-tutp, kami menyarankan lebih baik menepikan kendaraan dan mencari tempat beristirahat terdekat dari pada ikut bermacet-macet ria. Setelah waktunya selesai Anda bisa menggunakan waktu tersebut untuk menuju ke Taman Wisata Matahari atau keluar dari area Taman Wisata Matahari menuju ke lokasi tempat pemberangkatan dari daerah Anda.

Bila kita melihat beberapa alternatif cara ke Taman Wisata Matahari tersebut diatas yang kami informasikan kepada para pemabca, kami tetap menyarankan kepada Anda, agar mempergunakan waktu perjalanan wisata anda dengan tidak mengenyampingkan faktor ke amanan dan kenyamanan. Dn bagi Anda yang akan membawa rombongan dan akan mengikuti program kegiatan liburan outbound, familygathering bisa menghungi putramatahari.com.[]