Team Building PT. Sarana Karya Mandiri Jaya

posted in: Agenda | 0

Sebelumnya admin Putra Matahari Outbound mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 1437H untuk umat muslim di mana saja berada.
Pada kesempatan kali ini, kami juga mengucapkan terimakasih kepada pimpinan PT. Sarana Karya Mandiri Jaya (PT. SKM) atas kepercayaannya kepada Putra Matahari untuk menyelenggarakan Outbound Team Building  pada 8 September 2016 lalu di Taman Wisata Matahari.

outbound-team-building-pt-skm

Berbeda dengan event outbound sebelumnya, pada program Outbound Team Building PT. Sarana Karya Mandiri Jaya ini Putra Matahari memberikan sertifikat kepada para peserta dengan nilai sesuai pencapaian prestasi masing-masing.

Materi Outbound Team Building

Secara umum materi program outbound team building adalah terdiri dari:
1. Ice Breaking
Memecahkan suasana yang kaku, dalam session ini para peserta diharapkan lebih mengenal antara peserta satu dengan yang lainnya.

2. Communication
Peserta akan dikondisikan dalam situasi permainan-permainan yang menarik, tidak membosankan. Berkomunikasi, membangkitkan rasa percaya terhadap rekan dalam kelompoknya.

3. Team Building
Peserta diarahkan menjadi “Team Player’ yang handal. Saling mendukung, kerjasama, pentingnya komunikasi dan membangun suatu tim yang kompak adalah tujuan dari pelatihan ini.

4. Problem Solving
Peserta mampu mengenali masalah yang ada serta prioritas penyelesaiannya, serta mampu memilih informasi yang relevan dan membuat analisis serta keputusan untuk menemukan sebab timbulnya persoalan secara lebih terarah.

5. Competition Games
Menjadi pemenang di antara kompetitor (kelompok lain), dengan mengatur strategi dan mengoptimalkan segala kemampuan baik individu maupun kemampuan kelompok.

Nilai-Nilai Outbound Team Building

Outbound Team Building merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan relasi sosial antar individu dan kesadaran mengenai pentingnya setiap peran yang ada di dalam organisasi.
Outbound Team building merupakan bagian dari program pengembangan organisasi, mulai dari institusi, perusahaan maupun lembaga lainnya.

Adapun nilai-nilai yang dikembangkan dalam outbound team building adalah :

  • Goal Setting: peserta mengembangkan kesadaran mengenai pentingnya visi misi organisasi, sehingga setiap individu di dalamnya mampu bekerja secara efektif dan efisien sesuai dengan bidang yang digeluti.
  • Role Clarification: setiap individu di dalam organisasi perlu memahami peran dan tugasnya masing-masing. hal ini juga penting agar individu tidak mengalami kebingungan atau overlapping terhadap tugas dan tanggung jawabnya di organisasi. dengan begitu setiap peran mampu memunculkan sinergi yang membawa organisasi menuju arah yang positif.
  • Problem Solving: pada setiap organisasi selalu muncul banyak tantangan dan hambatan. oleh karena itu, setiap individu di dalamnya harus mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan fokus pada akar permasalahan. dengan begitu, solusi atau penyelesaian masalah mampu diterapkan dengan efektif dan efisien.
  • Interpersonal Relations: lingkungan organisasi yang positif haruslah mampu membuat tiap individu merasa nyaman bekerja didalamnya. budaya komunikasi yang terbuka, saling berbagi dan percaya menjadi faktor penting sebuah organisasi berkembang.